Blog ini berisi hanya tentang Google dengan segala Menu dan Fiturnya. Link-link yang tertaut hanya yang ada hubungannya dengan Google untuk mendukung penyempurnaan pembuatan Blog dengan Google Blogger. Kami memang bertujuan hanya dan hanya memberikan informasi seputar Google dengan aplikasinya seperti Blogspot, Gmail, Picasa, Google webmaster Tool dsb.

Pada Sidebar ada Link "Alat Pendukung Blog", manfaatkan peralatan ini untuk melengkapi blog anda.



Layanan Google

Cari Topik di Blog Ini

Mendaftarkan Blog ke Google

Bagian yang sangat penting agar Blog yang dibuat bisa di Index oleh Google dalam Search Engine (mesin pencari) adalah mendaftarkan Blog ke Google (Google addurl)  atau URL Submite. Anda tentu ingin agar blog atau website anda dikunjungi oleh banyak orang/pengunjung.
Blog yang memiliki banyak pengunjung setiap harinya akan membuat niali blog tersebut semakin naik, bahkan nilai komersial atau harga jual blog tersebut di pasaran dunia maya juga akan bertambah. Salah satu cara untuk meningkatkan banyaknya pengunjung ke blog, yang paling utama adalah mudahnya blog kita ditemukan oleh para calon pengunjung melalui search engine yang dipergunakannya. Anda bisa memberi tahu teman-teman tentang alamat blog anda supaya mereka berkunjung. Tapi sebanyak apa anda bisa memberitahu teman ?. Hal utama agar blog anda mudah ditemukan adalah "mendaftarkan alamat blog ke mesin pencari". Tujuannya agar blog terdaftar dan terindex dalam mesin pencari, bila orang mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu di mesin pencari (Search Engine), blog anda bisa muncul dalam hasil pencarian. Untuk ini perlu mendaftarkan ke host/penyelenggara mesin pencari yang besar, salah satunya adalah milik Google, yang disebut dengan Google Search Engine. Setelah mendaftarkan isi blog ke Google melalui Feature Google Submite Content melalui Google Addurl dan google telah mengindexnya, maka blog anda sudah terdaftar dan masuk dalam data base Google.
Pada saat blog telah terindex, dan seseorang mencari informasi tertentu yang berkaitan dengan isi blog anda dengan memasukkan kata kunci di Google Search engine, maka blog anda akan muncul di halaman hasil pencarian Google tersebut, sehingga calon penunjung yang tidak anda beritahu alamat blog andapun bisa menemukan blog anda tersebut. Masalah yang utama dalam hasil pencarian tersebut adalah, "ranking ke berapa blog anda terdapat dalam daftar hasil pencariannya". Tentu cukup banyak orang yang juga memiliki blog yang isinya mirip dengan isi blog anda. Nah dalam hal ini ranking hasil pencarian juga sangat menentukan apakah blog anda diketemukan oleh calon pembaca . Bayangkan bila blog anda dalam hasil pencarian dengan Google Searh Engine tersebut hanya menempati urutan ke 200, atau urutan ke 50 saja (meski urutan ini untuk pemula sudah sangat baik). Google membuat daftar hasil pencariannya memuat kurang lebih 10 hasil pencarian tiap halaman. Nah bila ranking blog anda no.50, artinya blog anda ada di halaman ke 5 dari halaman hasil pencarian. Biasanya orang sudah berhasil menemukan atau membuka hasil pencariannya hanya sampai halaman ke 3, artinya blog anda yang di lembar ke lima tetap tidak dilihat oleh pengunjung. Disini memberi pengertian pada kita bahwa blog kita harus selalu menempati paling tidak 20 besar hasil pencarian Google, terbaik adalah masuk 10 besar urutan utama google search engine, yang artinya blog anda selalu dihalaman pertama halamana hasil pencarian. Ini memerlukan keahlian tentang Searc Engine Optimation (SEO). Baiklah caranya kita bahas nanti. Tahap pertama ini adalah bagaimana mendaftarkan blog di Google Search Engine dulu. (Meskipun sebenarnya saat kita membuat blog dengan Blogger (Google), Google Blogger telah secara otomatis mendaftarkan blog anda tersebut ke Google search engine. Namun hal ini tidak cukup sempurna karena pendaftaran ini hanya berjalan baik bila blog anda dalam kondisi bentuk standar Google yang sederhanya. Namun bila anda sudah membuat banyak modifikasi dan isi yang sudah komplek, anda masih perlu mendaftarkan ke Google Seacrh Engine ini, yang tujuannya memberikan kemudahan dan guidane pada mesin pencari google tersebut untuk menelusuri isi blog anda sehingga bisa mengindex blog anda dengan baik. Bila isi blog "acak-acakan" maka mesin pengindex google akan berhenti ditengah jalan dan blog anda ditinggalkannya yang akhirnya akan menempatkan blog anda pada ranking yang jauh di belakang. Untuk itu daftarkan blog anda sekarang juga ke Google Search Engine, dan tetap update isi blog anda sesering mungkin.
Mendaftarkan Blog/Website ke Google 

Isilah kolom komentar pada form pendaftaran tersebut dengan kata kunci yang paling mungkin bisa mewakili isi blog anda. Pemilihan kata kunci in harus dipilih yang paling tepat. Misalnya blog anda membahas tentang puisi, maka anda bisa mengambil kata kunci : pusi,syair, pantun, membuat puisi atau menulis puisi. Contoh hasil pencarian : Lihatlah hasil pencarian terhadap blog ini (semua muncul di halaman pertama hasil lembar pencarian dengan Google Seerch Engine) dengan :


  • Kata kunci : menu dan feature google, ranking hasil pencarian 3


  • kata kunci : belajar menu google, ranking hasil pencarian no.1



  • Kata kunci : belajar Google, ranking hasil pencarian no. 2


Lihatlah hasil pendaftaran Blog ini ke Google addurl yang dianalisa dengan Google Webmaster Tool :



Hasil Pencarian denga Yahoo Search :
  • Dengan kata kunci : belajar google, menu google, blog ini menempati ranking 2 halaman 1.
  • Dengan kata kunci : belajar menu google, belajar feature Google, menempati ranking 1 halaman 1.





Ini sangat berarti. Karena dengan menempati ranking 10 besar google (untuk keyword tertentu) akan membuat blog kita lebih mudah ditemukan calon pengunjung sehingga kemungkinan dikunjungi akan sangat besar. Sekali lagi bayangkan kalau ternyata dari hasil pencarian, blog kita hanya menempati urutan ke 50 (berati di halaman 5 hasil pencarian), pengunjung tidak akan pernah sampai kesana.


Submite your blog into Google addurl, lets Google indexing it, and always try to place your blog in Top 10 Google search result.


Cari Yang Kau Mau

Tuliskan topik yang ingin anda ketahui

Anda Perlu Pesan Tiket atau Hotel ?

Agoda

Booking Hotel

Booking.com